NIM : 2018840029
Mata Kuliah : Media dan Teknologi Pembelajaran
Dosen Pengampu : Wika Soviana Devi, M.Hum.
Pembahasan : Mengulas jurnal yang telah dibaca atau dipelajari
Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh
Puji serta syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan banyak nikmat kepada kita, sampai dengan detik ini untuk dapat bertahan hidup. Tidak lupa shalawat serta salam saya berikan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya yang telah menyampaikan petunjuk dari Allah SWT untuk kita semua.
Pada mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran, saya akan mereview jurnal yang telah dibaca atau dipelajari dengan judul "Pengaruh Penggunaan Multimedia Power Point Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia."
Dalam jurnal tersebut telah saya dapatkan bahwa seorang guru diharapkan dapat memotivasi peserta didiknya untuk semangat dalam belajar terutama pelajaran Bahasa Indonesia, serta diperlukan sebuah kreativitas untuk mengajar. Agar proses belajar mengajar lebih bermakna dan mampu mengembangkan semua dimensi seperti watak, kepribadian, intelektual, emosional, dan sosial peserta didik.
Saat ini kita telah memasuki era 4.0 dimana era tersebut tidak lepas dari dunia teknologi. Begitu pula dengan dunia pendidikan yang mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman. Dimana para guru dan siswanya dapat memanfaatkan teknologi canggih untuk membantu dalam proses belajar mengajar agar lebih berkesan. Tetapi, yang paling utama adalah peran guru. Dimana seorang guru diharapkan mampu memberikan atau menuangkan ide-ide kreativitas dalam menggunakan teknologi, terutama pada pelajaran Bahasa Indonesia. Karena, rata-rata para siswa cepat jenuh saat pelajaran Bahasa Indonesia, dan terasa sangat membosankan.
Di dalam jurnal ini penulis melakukan sebuah eksperimen pembelajaran dengan menggunakan multimedia Power Point dengan judul Pengaruh Penggunaan Multimedia Power Point Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Quasi Eksperimen di Kelas 7 SMPN 1 Tarogong Kaler). Sampelnya merupakan siswa kelas 7 SMPN 1 Tarogong Kaler. Yang mempunyai masalah dalam penulisan cerita pendek.
Hasil dari eksperimen tersebut didapati pengaruh yang signifikan. Antara kemampuan menulis cerita pendek sebelum menggunakan microsoft Power Point dengan kemampuan menulis cerita pendek sesudah menggunakan microsoft Power Point pada siswa kelas 7 SMPN 1 Tarogong kaler. Yaitu, saat siswa menulis cerita pendek menggunakan microsoft Power Point nilainya lebih tinggi daripada saat siswa menulis cerita pendek sebelum menggunakan microsoft Power Point.
Sekiranya itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Semoga dapat bermanfaat.
Wabillahi taufiq wal hidayah, fastabiqul khairat.
Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh
Sumber : ejournal.upi.edu/index.php
No comments:
Post a Comment