Nama :
Angger Rusmawati
Nim :
2018840002
Mata Kuliah :
Media dan Teknologi Pembelajaran
Dosen Pengampu :
Wika Soviana Devi, M.Hum.
Peran Media Gambar
Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di Sekolah Dasar. Setelah saya memahami
jurnal tersebut diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa peran media gambar dapat
berpengaruh pada gairah siswa sekolah dasar untuk belajar bahasa indonesia.
Dengan media gambar
ternyata dapat memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga
kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien. Media gambar memiliki empat kompetensi
dasar bahasa yaitu mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Media gambar
ini bisa berupa foto, grafik, bagan atau diagram, poster, kartun, komik, slide,
film strips, film, penggunaan OHP,
atau menggunakan lingkungan yang siswa
kenal. Adanya media gambar tersebut tentu akan merangsang kemampuan berpikir
siswa. Pertama, siswa tertarik dengan medianya.
Selanjutnya siswa akan
tertarik isi dari media yang digunakan tersebut. Rasa tertarik inilah yang akan
mendorong kemampuan berpikir siswa. Dalam hal ini guru harus dapat mengarahkan
minat siswa yang sedang melihat gambar, yaitu mendapatkan jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam pikirannya. Gambar harus dapat merangsang
partisipasi peserta supaya ia suka berbicara tentang gambar yang dilihatnya.
Dengan menggunakan media gambar tersebut, siswa sebaiknya didorong untuk
mengeksplorasi media yang ada. Dengan begitu, siswa dapat mengapresiasi dan
mengekspresikan dirinya.
No comments:
Post a Comment