Wednesday, March 6, 2019

Peran Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di Sekolah Dasar.


Nama                           : Angger Rusmawati
Nim                             : 2018840002
Mata Kuliah                : Media dan Teknologi Pembelajaran
Dosen Pengampu        : Wika Soviana Devi, M.Hum.


Peran Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di Sekolah Dasar. Setelah saya memahami jurnal tersebut diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa peran media gambar dapat berpengaruh pada gairah siswa sekolah dasar untuk belajar bahasa indonesia.
Dengan media gambar ternyata dapat memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien. Media gambar memiliki empat kompetensi dasar bahasa yaitu mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Media gambar ini bisa berupa foto, grafik, bagan atau diagram, poster, kartun, komik, slide, film strips, film, penggunaan OHP,
atau menggunakan lingkungan yang siswa kenal. Adanya media gambar tersebut tentu akan merangsang kemampuan berpikir siswa. Pertama, siswa tertarik dengan medianya.
Selanjutnya siswa akan tertarik isi dari media yang digunakan tersebut. Rasa tertarik inilah yang akan mendorong kemampuan berpikir siswa. Dalam hal ini guru harus dapat mengarahkan minat siswa yang sedang melihat gambar, yaitu mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam pikirannya. Gambar harus dapat merangsang partisipasi peserta supaya ia suka berbicara tentang gambar yang dilihatnya. Dengan menggunakan media gambar tersebut, siswa sebaiknya didorong untuk mengeksplorasi media yang ada. Dengan begitu, siswa dapat mengapresiasi dan mengekspresikan dirinya.

No comments:

Post a Comment