Wednesday, March 6, 2019

Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Macromedia Flash Profesional 8.

Nama                          : Sedek Wattimena
NIM                            : 2018840001
Mata Kuliah                : Media dan Teknologi Pembelajaran.
Dosen Pengampu        : Wika Soviana Devi, M.Hum.
                                                            Tugas Mereview Jurnal.

Dari jurnal yang saya baca, saya dapat menyimpulkan tentang pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis macromedia flash profesional 8 untuk kelas V SDN kasik putih. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran  interaktif berbasis macromedia flash profesional 8 pada materi menulis surat untuk siswa V SDN kasik putih. Jenis dari penelitian ini adalah pengembangan Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan Dick and Carey, dengan tahapan menganalisis kebutuhan dan karakiteristik siswa, merumuskan tujuan instruksional, menyusun naskah media, validasi ahli, revisi, dan uji coba produk akhir.
Media pembelajaran macromedia flash profesional 8 memanfaatkan komputer untuk membuat dan menggabungkan beragam image dan  objek, seperti teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool sehingga memungkinkan pemakainya untuk melakukan navigasi, berinteraksi dan berkomunikasi (Suyatno,2003:45). Penelitian melihat bahwa pengembangan media berbasis macromedia flash profesional 8 untuk materi, menulis surat merupakan alternatif yang tepat dalam proses belajar mengajar.
Mengingat bahwa selama ini guru yang berkaitan juga hanya menggunakan media teks (catatan), maka pemanfaatan media yang dilengkapi dengan fitur-fitur gambar animasi yang menarik dan tombol eksekusi, dapat membuat suasana belajar mengajar berlangsung menarik, dan tidak terkesan monoton, serta muda di pahami.
Penelitian ini dianggap penting sebagai upaya untuk mengubah paradigma yang telah lama digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar, yang lebih menekankan pada peranan guru yang mengajar dari pada siswa yang belajar (yang dapat disebut paradigma tradisional) ke sesuatu paradigma pembelajaran bahasa Indonesia yang dipandang lebih sesuai dengan cara belajar anak.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis, yang digunakan dengan menggunakan statistik deskriptif, yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana data tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi.
Hasil yang dapat saya simpulkan dalam jurnal penelitian kali ini adalah. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket atau kuesioner uji. Coba ahli materi pada penelitian kelayakan berada di kriteria sangat baik, uji ahli desain pembelajaran berada di kriteria sangat baik, uji perorangan berada di kriteria sangat baik, dan uji kelompok berada di kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan dari penelitian pengmbangan pembelajaran bahasa indonesia berbasis macromedia flash 8 pada materi menulis surat dengan kertas yang hanya menggunakan buku teks dalam media pembelajaran sangat baik dan terdapat perbedaan dalam hasil belajar.


Sumber : visipena.stkipgetsampena.ac.id.    

No comments:

Post a Comment