Review Jurnal
Teknologi Pembelajaran
|
|
Nama
|
: Nurul Hidayah
|
Nim
|
: 2018840017
|
Prodi
|
: PBSI / ABI
|
Title (Judul)
|
:
|
Pengembangan media
pembelajaran bahasa indonesia berbasis
Macromedia flash
proffesional 8 kelas v SD Swasta Namira
|
Author (Penulis)
|
:
|
1. Indra
Yasinta Oktavia marpaung
2. Sahat
Siagian
|
Abstract (Abstrak)
|
:
|
Penelitian dan pengembangan
ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media yang layak digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia
berbasis Macromedia Flash Professional 8 materi menulis surat
untuk siswa kelas
V SD Swasta Namira
Medan, (2) mengetahui
keefektifan pengembangan
media pembelajaran berbasis
Macromedia Flash Professional 8
mata pelajaran bahasa Indonesia
pada materi menulis surat untuk siswa kelas V SD Swasta Namira Medan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model
pengembangan produk Borg dan
Gall yang dipadu
dengan model pengembangan Dick
and Carey. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli
materi mata pelajaran bahasa Indonesia berada
pada kualifikasi sangat
baik, (2) uji
ahli desain pembelajaran berada
pada kualifikasi sangat
baik, (3) uji
ahli ahli media/desain grafis
pembelajaran berada pada kualifikasi sangat
baik, (4) uji
coba perorangan berada pada
kualifikasi sangat baik, uji coba kelompokberada pada kualifikasi sangat
baik, uji coba lapangan berada pada
kualifikasi sangat baik.
Produk akhir dari
pengembangan ini dilanjutkan dengan uji
keefektifan. Data ini
membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif menulis surat lebih
efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dari pada tanpa menggunakan
media pembelajaran interaktif.
|
Introduction (Pembukaan)
|
:
|
Mata pelajaran
Bahasa Indonesia adalah satu
mata pelajaran wajib
yang ada di Sekolah
Dasar sesuai dengan
kurikulum yang diterapkan di
Indonesia. Menulis surat
juga adalah salah satu
materi yang dipelajari
dalam kurikulum tersebut. Namun, dalam penyelenggaraan pembelajaran bahasa Indonesia dengan
materi menulis surat
di SD Namira banyak
kendala-kendala yang dihadapi oleh guru
antara lain :
(1) alat bantu
mengajar yang masih kurang, (2)
materi/bahan ajar yang masih
sulit diperoleh di
perpustakaan, (3) aktivitas siswa
yang masih rendah dalam pembelajaran, (4) siswa tidak/kurang kreatif dan
inovatif dalam pengerjaan
tugas (praktik), (5) hasil
belajar (nilai mata
pelajaran) berupa tugas/praktek
atau latihan pada umumnya masih rendah, (6) siswa sering mengabaikan
pelajaran bahasa Indonesia karena
hanya fokus pada pelajaran eksakta
dan muatan lokal
(bahasa Inggris) yang dianggap lebih sulit.
|
Methods (Methode)
|
:
|
1. Model yang dikembangkan mengacu
kepada Research and Development
(R&D) dari model
Borg and Gall (1983) 1. Rancangan Uji Coba, 2. Subjek uji coba, 3.
Pelaksanaan uji coba.
2. Dalam penelitian
ini digunakan tigajenis
teknik pengumpulan data,
yaitu (1) tes untuk
menjaring data hasil
belajar menulis surat, (2)
lembar pengamatan untuk
menjaring hasil praktek menulis
surat, (3) lembar
angket untuk memperoleh hasil
data dari ahli
materi ahli desain pembelajaran, ahli
media berbasis macromedia
flash, siswa kelas V SD Namira.
3. Alat
pengumpulan data yang digunakan untuk
tes hasil belajar
ini, yaitu: tes
essay praktik yang berjumlah
8 soal untuk mengembangkan keterampilan psikomotorik siswa. Tes
hasil belajar yang
diberikan kepada responden untuk
mengambil data penelitian
ini berasal dari buku
pegangan Bahasa Indonesia untuk Kleas
V SD yang
telah teruji validitas dan reabilitas tesnya. Maka dalam
penelitian ini tidak dilakukan uji
coba instrument untuk mengetahui tingkat
validitas dan reabilitas
tes tersebut.
|
Result (Hasil)
|
:
|
Penelitian dan
pengembangan produk ini menghasilkan suatu
produk berupa media pembelajaran interaktif bahasa
Indonesia berbasis
Macromedia Flash Professional 8 dengan
materi menulis surat.
Media interaktif digunakan sebagai
suatu strategi dalam meningkatkan hasil belajar bahasa
Indonesia. Untuk meningkatkan hasil
belajar pengembangan media interaktif
bahasa Indonesia berbasis Macromedia
Flash
Professional 8 dengan materi
menulis surat dilakukan beberapa tahapan yang dirujuk dari tahapan
model pengembangan sistem pembelajaran (Instructional Systems Develovment/ISD)Dick, Carey,
dan Carey (2001) berdasarkan
9 tahapan yaitu
(1) analisis kebutuhan untuk
menentukan tujuan.
|
Conclusion (Kesimpulan)
|
:
|
Hasil belajar
bahasa Indonesia yangdiajarkan dengan
media pembelajaran berbasisMacromedia Flash Professional
8 lebih tinggi daripada hasil belajar
yang diajarkan dengan media pembelajaran buku
teks (catatan) pada materi
menulis surat. Dengan
demikian, media pembelajaran bahasa
Indonesia berbasis Macromedia Flash Professional
8 lebih efektif digunakan untuk
meningkatkan hasil belajarbahasa Indonesia dengan materi
menulis surat.
|
References Journal
|
:
|
· Arsyad, Azhar.
1997. Media Pengajaran. Jakarta:
Raja Grafindo Persad
· Bruner, J.
S. 1960. The Process
of Education. New York: Vintage
Book
· Dahar, R.
W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga
· dsb
|
Sumber
|
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/view/5003/4412
|
No comments:
Post a Comment