Wednesday, March 6, 2019

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFFESIONAL 8 KELAS V SD SWASTA NAMIRA

Review Jurnal Teknologi Pembelajaran

Nama
: Nurul Hidayah
Nim
: 2018840017
Prodi
: PBSI / ABI

Title (Judul)      
:
Pengembangan media pembelajaran bahasa indonesia berbasis 
Macromedia flash proffesional 8 kelas v SD Swasta Namira
Author (Penulis)
:
1.     Indra Yasinta Oktavia marpaung
2.     Sahat Siagian
Abstract (Abstrak)
:
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media yang  layak digunakan  pada pembelajaran bahasa  Indonesia  berbasis Macromedia  Flash  Professional  8 materi menulis  surat  untuk  siswa  kelas  V SD  Swasta  Namira  Medan, (2) mengetahui  keefektifan pengembangan  media  pembelajaran  berbasis  Macromedia  Flash  Professional  8  mata  pelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis surat untuk siswa kelas V SD Swasta Namira Medan.  Jenis penelitian  ini  adalah  penelitian  pengembangan  yang menggunakan  model  pengembangan  produk Borg  dan  Gall  yang  dipadu  dengan  model pengembangan Dick and Carey.  Hasil  penelitian menunjukkan: (1) uji  ahli  materi  mata  pelajaran bahasa Indonesia  berada  pada  kualifikasi  sangat  baik,  (2)  uji  ahli  desain  pembelajaran  berada  pada  kualifikasi  sangat  baik,  (3)  uji  ahli  ahli media/desain  grafis    pembelajaran  berada  pada kualifikasi  sangat  baik,  (4)  uji  coba  perorangan berada pada kualifikasi sangat baik, uji coba kelompokberada pada kualifikasi sangat baik, uji coba lapangan  berada  pada  kualifikasi  sangat  baik.  Produk  akhir  dari  pengembangan  ini  dilanjutkan dengan  uji  keefektifan. Data  ini membuktikan bahwa penggunaan  media  pembelajaran interaktif menulis surat lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dari pada tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif.
Introduction (Pembukaan)
:
Mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia adalah  satu  mata  pelajaran  wajib  yang  ada  di Sekolah  Dasar  sesuai  dengan  kurikulum  yang diterapkan  di  Indonesia.  Menulis  surat  juga adalah  salah  satu  materi  yang  dipelajari  dalam kurikulum  tersebut.  Namun, dalam penyelenggaraan  pembelajaran bahasa Indonesia  dengan  materi  menulis  surat  di  SD Namira  banyak  kendala-kendala  yang  dihadapi oleh  guru  antara  lain  :  (1)  alat  bantu  mengajar yang  masih  kurang,  (2)  materi/bahan  ajar  yang masih  sulit  diperoleh  di  perpustakaan,  (3) aktivitas  siswa  yang  masih  rendah dalam pembelajaran, (4) siswa  tidak/kurang  kreatif dan  inovatif  dalam  pengerjaan  tugas  (praktik), (5)  hasil  belajar  (nilai  mata  pelajaran)  berupa tugas/praktek atau latihan pada umumnya masih rendah, (6) siswa sering mengabaikan pelajaran bahasa  Indonesia  karena  hanya  fokus  pada pelajaran  eksakta  dan  muatan  lokal  (bahasa Inggris) yang dianggap lebih sulit.
Methods (Methode)
:
1.    Model  yang dikembangkan  mengacu  kepada Research and  Development (R&D)  dari  model  Borg and Gall (1983) 1. Rancangan Uji Coba, 2. Subjek uji coba, 3. Pelaksanaan uji coba.
2.    Dalam  penelitian  ini  digunakan  tigajenis  teknik  pengumpulan  data,  yaitu  (1)  tes untuk  menjaring  data  hasil    belajar  menulis surat,  (2)  lembar  pengamatan  untuk  menjaring hasil  praktek  menulis  surat,  (3)  lembar  angket untuk  memperoleh  hasil  data  dari  ahli  materi ahli  desain  pembelajaran,  ahli  media  berbasis macromedia flash, siswa kelas V SD Namira.
3.    Alat pengumpulan data yang digunakan untuk  tes  hasil  belajar  ini,  yaitu:    tes  essay praktik  yang  berjumlah  8  soal  untuk mengembangkan  keterampilan  psikomotorik siswa.  Tes  hasil  belajar  yang  diberikan  kepada responden  untuk  mengambil  data  penelitian  ini berasal  dari  buku  pegangan  Bahasa  Indonesia untuk  Kleas  V  SD  yang  telah  teruji  validitas dan reabilitas tesnya. Maka dalam penelitian ini tidak  dilakukan  uji  coba  instrument  untuk mengetahui  tingkat  validitas  dan  reabilitas  tes tersebut.
Result (Hasil)
:
Penelitian  dan  pengembangan  produk ini  menghasilkan  suatu  produk  berupa  media pembelajaran  interaktif    bahasa  Indonesia berbasis  Macromedia  Flash  Professional  8 dengan  materi  menulis  surat.  Media  interaktif digunakan  sebagai  suatu  strategi  dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia.  Untuk  meningkatkan  hasil  belajar pengembangan  media  interaktif  bahasa Indonesia  berbasis  Macromedia  Flash
Professional 8 dengan  materi  menulis  surat dilakukan  beberapa tahapan yang dirujuk dari tahapan model pengembangan  sistem pembelajaran  (Instructional  Systems Develovment/ISD)Dick,  Carey,  dan  Carey (2001)  berdasarkan  9  tahapan  yaitu  (1)  analisis kebutuhan  untuk  menentukan  tujuan.
Conclusion (Kesimpulan)
:
Hasil  belajar  bahasa  Indonesia  yangdiajarkan  dengan  media pembelajaran  berbasisMacromedia  Flash  Professional  8  lebih  tinggi daripada hasil  belajar  yang  diajarkan  dengan media  pembelajaran  buku  teks  (catatan)  pada materi  menulis  surat.  Dengan  demikian,  media pembelajaran  bahasa  Indonesia  berbasis Macromedia  Flash  Professional  8 lebih  efektif digunakan  untuk  meningkatkan  hasil  belajarbahasa Indonesia dengan materi menulis surat. 
References Journal
:
·    Arsyad,  Azhar.  1997. Media  Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persad
·    Bruner,  J.  S.  1960. The  Process  of  Education. New York: Vintage Book
·     Dahar,  R.  W.  1989. Teori-Teori  Belajar. Jakarta: Erlangga
·     dsb
Sumber

https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/view/5003/4412

No comments:

Post a Comment