Nama : Putri Utami Dewi
Nim : 2018840011
Kelas : ABI / PBSI
Matkul : Media dan Teknologi Pembelajaran
Setelah saya membaca dan memahami
jurnal ini saya dapat menyimpulkan tentang media apa yang digunakan dalam
pembelajaran sastra bagi guru bahasa Indonesia penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran sastra bagi guru bahasa Indonesia
di SMP Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data
yang diperoleh Melalui angket, observasi, dan wawancara. Analisis data
dilakukan melalui tahapreduksi, penyajian, dan inferensi (penarikan
kesimpulan).Dari hasil penelitian ditemukan bahwa sebagaian besar guru bahasa
indonesia yang mengajar sastra di kelas VIII SMP menggunakan media audio,
visual dan audiovisual secara terbatas.
Media pembelajaran adalah alat- alat
yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan bahan pengajaran.
Alat bantu ini lebih sering disebut alat peraga karena berfungsi membantu dan memperagakan
sesuatu dalam proses pembelajaran.Tujuan media pembelajaran sebagai alat bantu
pembelajaran, yaitu untuk mempermudah proses pembelajaran dikelas, meningkatkan
efsiensi proses pembelajaran, menjaga relevansi antara materi pelajaran dengan
tujuan belajar, membantu konsentrasi pembelajar dalam proses pembelajaran.
Berkaitan dengan media pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia, khususnya
pembelajaran sastra, selama ini pembelajaran sastra masih terbatas pembelajaran
secara teoretis dan tes. Aspek-aspek yang dinilai masih dalam taraf pengetahuan
siswa saja. Media pembelajaran sastra hendaknya menekankan pada sisi apresiasi siswa terhadap karya
sastra. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bentuk-bentuk media pembelajaran yang
tepat sasaran dengan memperhatikan tingkatan apresiasi siswa. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa SD, SMP, SMA Unggulan di Kota Tarakan telah memiliki
media pembelajaran pada semua bidang pelajaran
baik media pembelajaran audio maupun visual. Media yang paling banyak digunakan
adalah LCD, White board, dan buku ajar. Namun demikian, semua media yang ada
belum digunakan secara maksimal oleh guru. Tidak semua media pembelajaran yang
tersedia telah terpakai dalam pembelajaran
sehingga hanya tersimpan di laboratorium.
Berdasarkan data yang ada terlihat
bahwa sebagian besar guru SMP di Tarakan
belum menyadari sepenuhnya manfaat media
pemebelajaran. Hal ini tampak jelas dari masih banyaknya guru yang belum
menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materinya. Pembelajaran
sastra pada dasarnya sangat membutuhkan
media dalam proses pembelajarannya. Media di sini dapat berupa apa saja, yang
dapat membantu penyampaian materi pembelajaran.
Saya dapat menyimpulkan gambaran
penggunaan media pembelajaran sastra SMP di kota Tarakan menunjukkan bahwa guru pada dasarnya sudah memahami arti
penting penggunaan media pembelajaran. Namun demikian, masih terdapat guru yang
tidak menggunakan media pembelajaran dikarenakan tidak paham menggunakan media
ataupun tidak peduli terhadap penggunaan media. Beberapa guru yang telah menggunakan
media pembelajaran juga belum maksimal. Terdapat beberapa guru yang hanya
menampilkan media yang digunakan tanpa memahami prosesdur pemanfaatan media untuk memudahkan siswa dalam melakukan kegiatan
ataupun memahami materi.
Sumber : https://media.neliti.com/media/publications/256815-penggunaan-media-pembelajaran-sastra-bag-fbd5c5f4.pdf
No comments:
Post a Comment