Wednesday, March 6, 2019

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA BAGI GURU BAHASA INDONESIA



Nama   : Putri Utami Dewi 
Nim      : 2018840011
Kelas    : ABI / PBSI 
Matkul : Media dan Teknologi Pembelajaran 


Setelah saya membaca dan memahami jurnal ini saya dapat menyimpulkan tentang media apa yang digunakan dalam pembelajaran sastra bagi guru bahasa Indonesia penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran sastra bagi guru bahasa Indonesia di SMP Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh Melalui angket, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahapreduksi, penyajian, dan inferensi (penarikan kesimpulan).Dari hasil penelitian ditemukan bahwa sebagaian besar guru bahasa indonesia yang mengajar sastra di kelas VIII SMP menggunakan media audio, visual dan audiovisual secara terbatas.


Media pembelajaran adalah alat- alat yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan  bahan  pengajaran. Alat bantu ini lebih sering disebut alat peraga karena berfungsi membantu dan memperagakan sesuatu dalam proses pembelajaran.Tujuan media pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran, yaitu untuk mempermudah proses pembelajaran dikelas, meningkatkan efsiensi proses pembelajaran, menjaga relevansi antara materi pelajaran dengan tujuan belajar, membantu konsentrasi pembelajar dalam proses pembelajaran.

Berkaitan dengan media pembelajaran  mata pelajaran bahasa Indonesia, khususnya pembelajaran sastra, selama ini pembelajaran sastra masih terbatas pembelajaran secara teoretis dan tes. Aspek-aspek yang dinilai masih dalam  taraf  pengetahuan siswa saja. Media pembelajaran sastra hendaknya menekankan  pada sisi apresiasi siswa terhadap karya sastra. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bentuk-bentuk media pembelajaran yang tepat sasaran dengan memperhatikan tingkatan apresiasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SD, SMP, SMA Unggulan di Kota Tarakan telah memiliki media pembelajaran pada semua bidang  pelajaran baik media pembelajaran audio maupun visual. Media yang paling banyak digunakan adalah LCD, White board, dan buku ajar. Namun demikian, semua media yang ada belum digunakan secara maksimal oleh guru. Tidak semua media pembelajaran yang tersedia telah terpakai dalam  pembelajaran sehingga hanya tersimpan di laboratorium.

Berdasarkan data yang ada terlihat bahwa sebagian  besar guru SMP di Tarakan belum  menyadari sepenuhnya manfaat media pemebelajaran. Hal ini tampak jelas dari masih banyaknya guru yang belum menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materinya. Pembelajaran sastra pada dasarnya sangat  membutuhkan media dalam proses pembelajarannya. Media di sini dapat berupa apa saja, yang dapat membantu penyampaian materi pembelajaran.

Saya dapat menyimpulkan gambaran penggunaan media pembelajaran sastra SMP di kota Tarakan  menunjukkan  bahwa guru pada dasarnya sudah memahami arti penting penggunaan media pembelajaran. Namun demikian, masih terdapat guru yang tidak menggunakan media pembelajaran dikarenakan tidak paham menggunakan media ataupun tidak peduli terhadap penggunaan media. Beberapa guru yang telah menggunakan media pembelajaran juga belum maksimal. Terdapat beberapa guru yang hanya menampilkan media yang digunakan tanpa memahami prosesdur pemanfaatan  media untuk memudahkan siswa dalam melakukan kegiatan ataupun memahami materi.

Sumber : https://media.neliti.com/media/publications/256815-penggunaan-media-pembelajaran-sastra-bag-fbd5c5f4.pdf







No comments:

Post a Comment