Nama : Raden Rista Ardiawati
Nim
: 2018840016
Mata
Kuliah : Media Teknologi
Pembelajaran
Setelah
saya membaca jurnal ini saya dapat menjadi paham bahwa penelitian di SMP Negeri
2 Mlati ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran
bahasa Indonesia berupa media yang digunakan guru dalam pembelajaran.
Permasalahan yang dialami guru dalam kaitannya dengan media pembelajaran serta
upaya yang dalam mengatasi permasalahan yang dialami.
Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pada pembelajaran Bahasa Indonesia
guru telah menggunakan media pembelajaran bahasa Indonesia, baik berupa media
grafis, audio-visual dan berbasis computer. Namun demikian, guru juga menggunakan
sumber belajar dalam pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan melalui data
kualitatif yang berupa fakta-fakta di lapangan. Guru memiliki alasan yang
mendasar atas pemilihan jenis media pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri
2 Mlati. Pemilihan media pembelajaran di SMP Negeri 2 Mlati sesuai dengan
materi pembelajaran yang sedang diajarkan. Namun demikian, masih terdapat media
pembelajaran bahasa Indonesia yang kurang efektif penggunaan nya dalam
pembelajaran.
Pertama,
jenis media grafis yang digunakan guru di SMP Negeri 2 Mlati, menggunakan papan
tulis, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),kartu grafik,tabel,bagan dan puzzle
surat dinas dan surat pribadi. Ini digunakan guru pada pembelajaran di kelas
IX. Kedua, jenis media audio-visual yang digunakan guru di SMP Negeri 2 Mlati,
menggunakan tape recorder dan speaker. Media audio yang digunakan guru dalam
pembelajaran berupa rekaman suara atau rekaman video yang telah dipersiapkan di
laptop, lalu diperdengarkan melalui tape recorder atau speaker. Ketiga, jenis
media berbasis komputer yang menggunakan powerpoint dan media interaktif
lectora inspire. Penggunaan lectora inspire hampir sama dengan powerpoint hanya
saja tampilannya lebih variatif.
Peneliti
mengemukakan alasan yang mendasari guru dalam pemilihan media pembelajaran
bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Mlati adalah dengan pemilihan media grafis di
dasarkan atas keterjangkauan yang berarti mudah di jangkau oleh guru maupun
siswa, baik dalam hal pembuatan media pembelajaran, maupun penyampaian dan penerimaan
materi pembelajaran. Pemilihan media audio-visual alasan nya agar siswa lebih mempusatkan
perhatian kepada rekaman video, tujuannya pembelajaran bahasa Indonesia dengan
menggunakan media audio-visual dapat tercapai. Tetapi penggunaan audio ini kurang
berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar karena siswa hanya diajak menyanyi bersama, namun siswa
cukup antusias mengikuti pembelajaran. Pemilihan media grafis agar siswa
memperhatikan penjelasan yang dipaparkan oleh guru, sehingga tujuan pembelajaran
tercapai. Penggunaan media powerpoint dalam pembelajaran kurang efektif karena
siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Siswa cenderung mencatat slide
yang terdapat dalam powerpoint, bahkan ada siswa yang tidak mendengarkan
penjelasan guru dan tidak mencatat pula.
Sumber
: journal.student.uny.ac.id
No comments:
Post a Comment