Wednesday, March 6, 2019

PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 MLATI


Nama                   : Raden Rista Ardiawati

Nim                      : 2018840016

Mata Kuliah         : Media Teknologi Pembelajaran

Setelah saya membaca jurnal ini saya dapat menjadi paham bahwa penelitian di SMP Negeri 2 Mlati ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia berupa media yang digunakan guru dalam pembelajaran. Permasalahan yang dialami guru dalam kaitannya dengan media pembelajaran serta upaya yang dalam mengatasi permasalahan yang dialami.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pada pembelajaran Bahasa Indonesia guru telah menggunakan media pembelajaran bahasa Indonesia, baik berupa media grafis, audio-visual dan berbasis computer. Namun demikian, guru juga menggunakan sumber belajar dalam pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan melalui data kualitatif yang berupa fakta-fakta di lapangan. Guru memiliki alasan yang mendasar atas pemilihan jenis media pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Mlati. Pemilihan media pembelajaran di SMP Negeri 2 Mlati sesuai dengan materi pembelajaran yang sedang diajarkan. Namun demikian, masih terdapat media pembelajaran bahasa Indonesia yang kurang efektif penggunaan nya dalam pembelajaran.
Pertama, jenis media grafis yang digunakan guru di SMP Negeri 2 Mlati, menggunakan papan tulis, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),kartu grafik,tabel,bagan dan puzzle surat dinas dan surat pribadi. Ini digunakan guru pada pembelajaran di kelas IX. Kedua, jenis media audio-visual yang digunakan guru di SMP Negeri 2 Mlati, menggunakan tape recorder dan speaker. Media audio yang digunakan guru dalam pembelajaran berupa rekaman suara atau rekaman video yang telah dipersiapkan di laptop, lalu diperdengarkan melalui tape recorder atau speaker. Ketiga, jenis media berbasis komputer yang menggunakan powerpoint dan media interaktif lectora inspire. Penggunaan lectora inspire hampir sama dengan powerpoint hanya saja tampilannya lebih variatif.
Peneliti mengemukakan alasan yang mendasari guru dalam pemilihan media pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Mlati adalah dengan pemilihan media grafis di dasarkan atas keterjangkauan yang berarti mudah di jangkau oleh guru maupun siswa, baik dalam hal pembuatan media pembelajaran, maupun penyampaian dan penerimaan materi pembelajaran. Pemilihan media audio-visual  alasan nya agar siswa lebih mempusatkan perhatian kepada rekaman video, tujuannya pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media audio-visual dapat tercapai. Tetapi penggunaan audio ini kurang berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar karena siswa  hanya diajak menyanyi bersama, namun siswa cukup antusias mengikuti pembelajaran. Pemilihan media grafis agar siswa memperhatikan penjelasan yang dipaparkan oleh guru, sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Penggunaan media powerpoint dalam pembelajaran kurang efektif karena siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Siswa cenderung mencatat slide yang terdapat dalam powerpoint, bahkan ada siswa yang tidak mendengarkan penjelasan guru dan tidak mencatat pula.


Sumber : journal.student.uny.ac.id

No comments:

Post a Comment