Wednesday, March 6, 2019

Peran Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Di Sekolah Dasar

Nama             : Aditya Fauzan Ramadhan
NIM               : 2018840014
Kelas / Prodi  : ABI / PBSI
Mata Kuliah   : Media Teknologi Pembelajaran


Pada tahun 2013, dunia pendidikan di Indonesia mengalami perubahan kurikulum, dari yang berbasis kompetensi menjadi berbasis teks. Saat kurikulum berbasis kompetensi, penggunaan bahasa ditekankan sebagai sarana komunikasi. Namun saat berbasis teks, pembelajaran Bahasa Indonesia berbentuk lisan dan tulisan, yang diproses untuk mencari ilmu pengetahuan di luar bahasa, sehingga membuat teks tersebut terikat dengan struktur. Untuk sekolah dasar, kurikulum 2013 dalam pendidikan Bahasa Indonesia mencakup empat kompetensi dasar bahasa, yaitu mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Dalam jurnal ini, yang menjadi topik pembahasan ialah media gambar untuk proses pembelajaran siswa sekolah dasar.

Setelah saya membaca jurnal tersebut, saya mengetahui bahwa media gambar dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dan memperlancar interaksi antara guru dengan siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Media gambar yang digunakan dalam pembelajaran berupa foto, kartun, grafik, dan lainnya. Hal ini dibuktikan mampu membantu merangsang partisipasi siswa jika media yang digunakan cukup menarik yang menimbulkan rasa ingin tahu, sehingga hal ini membuat interaksi siswa dengan guru menjadi lebih aktif. Menurut saya, media gambar cukup menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran siswa sekolah dasar karena siswa dapat memberi gambaran atas materi yang disampaikan oleh guru. Berbeda dengan kurikulum berbasis kompetensi, kemampuan berbahasa siswa sekolah dasar masih mengalami beberapa kendala yang salah satunya ialah menyampaikan ide atau gagasan.

sumber : https;//pulikasiilmiah.ums.ac.id  

No comments:

Post a Comment