Nama :
Woro Wisudawati
NIM :
2018840013
Mata Kuliah :
Media Teknologi Pembelajaran
Setelah saya membaca
dan mempelajari jurnal ini, saya dapat memahami bahwa media pembelajaran adalah
alat pengantar yang digunakan pendidik kepada peserta didik supaya dalam proses
pembelajaran dapat lebih mudah dalam menyampaikan materi yang disampaikan.
Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa yang meliputi kemampuan
mengingat, kemampuan menilai, dan kemampuan menanggapi dengan menggunakan media
audio pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI a Sekolah Dasar Negeri 08
Pontianak Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
rancangan penelitian tindakan kelas dalam menggunakan media pembelajaran dengan
menggunakan media audio sebagai alat pengantar pembelajaran bahasa indonedia.
Menurut Saddhano dan
Slamet (2012:4) keterampilan menyimak merupakan kegiatan yang paling awal
dilakukan oleh manusia bila dilihat dari proses pemerolehan bahasa, secara
berturut-turut pemerolehan keterampilan berbahasa itu pada umumnya dimulai dari
menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
Kaitannya dengan audio
sebagai media pembelajaran, dapat disimpulkan kembali bahwa media audio
pembelajaran adalah sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau
rangkaian pesan materi pembelajaran melalui suara ataupun bunyi yang direkam
menggunakan alat perekam, kemudian diperdengarkan kembali kepada peserta
didik dengan menggunakan alat pemutarnya.
Dengan menggunakan
media audio dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa lebih mudah untuk
memahami materi pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif mengikuti kegiatan
pembelajaran, kreatif dalam menuangkan ide-ide, dan merasa senang serta
bersemangat mengikuti pembelajaran.
Sumber :
http//jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/1149/pdf
No comments:
Post a Comment